Show simple item record

dc.contributor.authorMalau, Lina
dc.date.accessioned2018-03-12T10:07:44Z
dc.date.available2018-03-12T10:07:44Z
dc.date.issued2015-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/316
dc.description.abstractStrategi pembelajaraan chalk and talk adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampian materi secara verbal dari guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B Negeri 14 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaran Chalk and talk. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 50% (kategori aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 80% (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, pada siklus I diperoleh 63,33% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 yaitu ada 19 siswa dan 36,6% siswa yang mendapat nilai < 65% yaitu ada 11 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh 80% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 yaitu ada 24 siswa dan 20% siswa yang mendapat nilai < 65% yaitu ada 6 siswa. Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 36,6% dan tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 16,67%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Medan T.A 2015 / 2016.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Chalk and Talk,en_US
dc.subject, Kemampuanen_US
dc.subject, Pemahaman, Konsepen_US
dc.titlePeningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk Dengan Berbantu alat peraga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas HKBP Nommensen Medan.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record