Show simple item record

dc.contributor.authorHutabarat, Okky
dc.date.accessioned2018-03-12T09:15:34Z
dc.date.available2018-03-12T09:15:34Z
dc.date.issued2015-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/312
dc.description.abstractModel pembelajaranConceptual Understanding Procedures merupakan prosedur pemahaman konsep.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruhmodel pembelajaran CUPsterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Dharma Bakti Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A 2015/2016 yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 7 butir soal.Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemecahan masalah matematika siswa diperoleh LHitung = 0,109983 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut berdistribusi normal.Hasil uji signifikasi regresi modelCUPsterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh FHitung= 4,385 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh Fhitung = -0,068dan Ftabel = 2,43 maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear.Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhCUPsterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga SMP Dharma Bakti Medan. Kontribusi strategi pembelajaran CUPsterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar segi empat sebesar 13,40 % dijelaskan melalui hubungan( y) ̂=51,32+0,36 X.en_US
dc.subjectConceptual Understanding Proceduresen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectbangun Datar Segi Empaten_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas X SMA Swasta Bhayangkari Rantauprapaten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record