Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Nia Boni Pascia.
dc.date.accessioned2018-03-12T09:06:10Z
dc.date.available2018-03-12T09:06:10Z
dc.date.issued2015-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/311
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah-2 T..A. 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang tersebar dalam empat kelas, dan dipilih satu kelas yang akan menjadi sampel, yaitu : Kelas VII-3 yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dimana yang menjadi variabel bebas (X) yaitu metode pembelajaran Mind Mapping dan yang menjadi Variabel terikat (Y) adalah Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y ̂ = 30.19 + 0.628 X, artinya nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa akan meningkat 0.628 kali metode pembelajaran Mind Mapping. Hasil uji kelinearan regresi diperoleh terdapat hubungan Linier metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil uji keberartian regresi diperoleh tidak terdapat pengaruh yang berarti antara metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung= 0.6237 artinya bahwa terdapat hubungan yang sedang/cukup antara metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 54.82% yang berarti bahwa pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping adalah sebesar 54.82% sedangkan sisanya 45.18% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.en_US
dc.subjectMetode Mind Mappingen_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsepen_US
dc.subjectbangun datar segitiga.en_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah 2 T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record