Show simple item record

dc.contributor.authorSimamora, Yoan Nandahati.
dc.date.accessioned2018-03-12T08:50:15Z
dc.date.available2018-03-12T08:50:15Z
dc.date.issued2015-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/310
dc.description.abstractBrain Based Learning merupakan strategi pembelajaran yang holistic untuk menciptakan pembelajaran pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Dengan pendekatan atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus bervariasi agar siswa tidak bosan dengan pelajaran yang akan disampaikan guru. Kegiatan pembelajaran yang masih didominasi guru dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang membuat pelajaran sulit diterima oleh siswa. Oleh karena itu, saya mengadakan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pemebelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Doloksanggul yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisa terhadap hasil penelitian dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Brain Based Learning, nilai rata – rata siswa adalah 70,066. Sedangkan dengan menggunakan Post-Test nilai rata-rata siswa adalah 76,2. Setelah dilakukan uji kelinieran regresi maka diperoleh persamaan Y ̂ = 0,8869 + 1,1X dengan Fhitung < Ftabel atau 1,61 < 1,70. Koefisien korelasi dengan rxy hitung > rtabel atau 0,95 > 0,355 ini berarti terdapat hubungan yang kuat Strategi Pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh = 92% artinya tinggi derajat hubungan antara strategi pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan representasi matematika siswa sebesar 92% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.en_US
dc.subjectBrain Based Learning,en_US
dc.subjectpemecahan masalah, himpunan.en_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Doloksanggul. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record