PendekatanMatematikaRealistikdibantuAlatPeragaterhadapKemampuanPemecahanMasalahdanKemampuan KomunikasiMatematikaSiswapadaPokokBahasanBilanganPecahan diKelas VII SMP Negeri 1 MuaraTahunAjaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatanpendekatanmatematikarealistikdibantualatperagaterhadapkemampuanpemecahanmasalahdankomunikasimatematikasiswapadapokokbahasanbilanganpecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Muaratahunajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muara T.A 2016/2017. Dengan teknik Clustser Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen(VII-A). Instrumen yang digunakana adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa.
Dari uji keberartian regresi (pemecahanmasalah) diperoleh72,948> 4.20dan untuk (komunikasimatematika) diperoleh 155,349> 4.20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berakti terhadap Y1 dan Y2ataupengaruh antara pendekatan matematikarealistikdibantualatperaga terhadap kemampuan pemecahanmasalah dan komunikasi matematika siswa.. Dari uji keberartian koefisien (pemecahanmasalah) diperoleh thitung = 8,645dan (komunkasi matematika)thitung = 12,415dan ttabel= 2,05. Kareana dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujianhipotesis tolak HOdan Haditerima,maka ada hubungan yang berakti pada Pendekatan Matematika Realistikdibantu alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa. dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan matematika realistik dibantu alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dan ada pengaruh pendekatan matematika realistik dibantu alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]