Show simple item record

dc.contributor.authorSinurat, Melati
dc.date.accessioned2018-03-12T07:00:41Z
dc.date.available2018-03-12T07:00:41Z
dc.date.issued2017-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/304
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah pendekatan matematika realistik efektif terhadap minat dan pemecahan masalah siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Uluandan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 SMP Negeri 1 Uluan dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan tes. Berdasarkanhasilanalisisdata,nilai rata-rata hasil observasi 68,6 dan diperoleh Lhitung = 0,0793Ltabel=0,173karena Lhitung< Ltabelmaka disimpulkan data observasi berdistribusi normal. Dari observasi aktivitas belajar siswa diperoleh12 siswa kriteria aktivitas belajar sangat baik, 9 siswa kriteria aktivitas belajar baik dan 4 siswa dengan kriteria aktivitas belajar cukup baik.Nilai rata-rataangket78,44 dengan standard deviasi 9,38 diperoleh Lhitung = 0,1065dengan Ltabel=0,173 karena Lhitung< Ltabelmaka data angket berdistribusi normal. Dan dari hasil data angket, terdapat 17 siswa dengan kriteria minat sangat tinggi, 8 siswa dengan kriteria minat tinggi. Nilai rata-rataposttest76,44 dengan standart deviasi 13,62 diperolehLhitung = 0,1608dengan Ltabel=0,173 karena Lhitung< Ltabelmaka data posttest berdistribusi normal. Berdasarkan ketuntasanbelajarsiswasecara individual,terdapat 23siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan 2siswabelumtuntasdalambelajar. Sedangkan ketuntasanbelajarsecaraklasikal adalahsebesar92%. Data observasi terhadap hasil perhitungan observasi alokasi waktu diperoleh rata-rata skor 4,4 dengan skor terendah 4, skor tertinggi 5 dan berada dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian tersebutdapat disimpulkanbahwapendekatan matematika realistik efektif terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah siswa.en_US
dc.subjectPenelitian Quasi Eksperimen.en_US
dc.titleEfektivitas Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 1 Uluan T.A. 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record