Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbasis Bahan Ajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Matriks Kelas XI SMA Swasta Raksana T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbasis Bahan Ajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI di SMA Swasta Raksana Medan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi Eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.A 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA-3 diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes uraian yaitu uraian untuk kemampuan komunikasi matematika dan tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dengan jumlah soal masing-masing sebanyak 5 butir soal yang telah valid dan reliabel.
Hasil kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu bahan ajar diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi y ̂ = 7,22 + 0,92X. Efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu bahan ajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 88% dan sisanya 12% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu bahan ajar diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linear positif dengan persamaan regresi y ̂ = 12,6 + 0,86X. Efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu bahan ajar terhadap k
Collections
- Pendidikan Matematika [662]