Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Materi Geometri Derajat dan Radian di Kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi geometri derajat dan radian di Kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (XMIA-2). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep Y ̂= 12,979+0,848X dan persamaan regresi untuk kemmaapuan pemecahan masalah yaitu Y ̂= 14,665+0,838X. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemahaman konsep diperoleh Fhitung = 46,497 dengan nilai Ftabel = 4,17 dengan demikian Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Sedangkan uji keberartian untuk kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = 47,433 dengan nilai Ftabel = 4,17 dengan demikian Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi geometri derajat dan radian di kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]