Show simple item record

dc.contributor.authorSiahaan, Rona Uli
dc.date.accessioned2019-11-11T03:51:49Z
dc.date.available2019-11-11T03:51:49Z
dc.date.issued2019-10-07
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2977
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis dan pemahaman matematis melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi vektor dalam ruang dimensi dua di Kelas X SMA Negeri 1 Delitua T.P. 2018/2019, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa Kelas X MIA-3 SMA Negeri 1 Delitua yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 6 tahap, yaitu: permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, analisis data, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis dan pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal vektor dalam ruang dimensi dua. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar individual pada kemampuan berfikir kritis matematis terdapat 20 siswa yang tuntas dan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 58,82% yang diikuti oleh 34 siswa. Pada kemampuan pemahaman matematis ketuntasan hasil belajar individual terdapat 22 siswa yang tuntas dan ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 64,71% yang diikuti oleh 34 siswa. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar individual pada kemampuan berfikir kritis matematis terdapat 30 siswa yang tuntas dan ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 88,24% yang diikuti oleh 34 siswa. Pada kemampuan pemahaman matematis diperoleh ketuntasan hasil belajar individual terdapat 31 siswa dan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 91,18% siswa yang telah tuntas belajarnya yang diikuti oleh 34 siswa. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar yang diterapkan, dapat disimpulkan ketuntasan belajar pada materi vektor dalam ruang dimensi dua terpenuhi atau meningkat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi vektor dalam ruang dimensi dua di Kelas X MIA-3 SMA Negeri 1 Delitua Tahun Pelajaran 2018/2019.en_US
dc.subjectKemampuan Berfikir Kritis Matematis,en_US
dc.subjectPemahaman Matematis,en_US
dc.subjectModel Two Stay Two Stray (TSTS).en_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Pemahaman Matematis melalui Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Vektor dalam Ruang Dimensi Dua di Kelas X SMA Negeri 1 Delitua T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record