Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Lenny Blandina
dc.date.accessioned2019-11-11T03:46:37Z
dc.date.available2019-11-11T03:46:37Z
dc.date.issued2019-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2976
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Bahorok yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 6 tahap, yaitu permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, analisis data, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I diperoleh untuk kemampuan pemahaman konsep 13 peserta didik atau sebanyak 41,93% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75% untuk komunikasi matematis terdapat 14 peserta didik atau sebanyak 45,16% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75%. Kemudian pada siklus II diperoleh untuk kemampuan pemahaman konsep 27 peserta didik atau sebanyak 87,9% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75% untuk komunikasi matematis terdapat 26 peserta didik atau sebanyak 83,87% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai dya serap ≥ 75%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar pada bab III dapat disimpulkan ketuntasan belajar pada materi operasi bilangan bulat terpenuhi atau meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bilangan bulat di Kelas VII-G SMP Negeri 1 Bahorok Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.subjectPemahaman Konsep,en_US
dc.subjectKomunikasi,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,en_US
dc.subjectPendekatan Kontekstualen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok T.P. 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record