dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya PerbedaanModel Pembelajaran PBL Dan Model Pembelajaran PBI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi SPLTV Kelas X SMA Negeri 8 Medan T.P2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah pnelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 8 Medan T.P 2019/2020. Dengan teknik Purpossive Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen I (X MIA-3) dan kelas eksperimen II (X MIA-1). Instrumen yang digunakan adalahPre-test danPost-test dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumennya.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen I83,18 dengan standar deviasi 10,66 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen II 78,42 dengan standar deviasi 11,80. Hasil uji prasyarat data post-tes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (∝ = 0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan adaperbedaanmodel pembelajaran PBL dan model pembelajaran PBI terhadapkemampuan komunikasi matematika siswa. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik. | en_US |