Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VIII-A dan VIII-B. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran.
Dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis, diperoleh data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen diperoleh thitung =16,692 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel =1,677 ternyata thitung > ttabel. Data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas kontrol diperoleh thitung =8,411. jika dibandingkan dengan harga ttabel untuk n = 24 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel =1,678 ternyata thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]