Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Bantuan Software Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan bantuan Software matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong yang terdiri dari 4 kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah VIII-C dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Persamaan regresi sederhana dari model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh Y ̂=8,59+0,94X dan kreativitas diperoleh Y ̂=7,31+0,95X. Hasil perhitungan uji keberartian koefisien korelasi terhadap kamampuan pemecahan masalah diperoleh thitung > ttabel atau 8,69 > 1,699 dan kteativitas thitung > ttabel atau 9,5 > 1,699, berarti ada hubungan yang kuat pada model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan bantuan software matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik. Hasil perhitungan koefisien determinasi terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh r2= 80% dan kreativitas diperoleh r2= 85%, berarti model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan bantuan software matematika mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan bantuan Software matematika dan kreativitas peserta didik. Dan menjadi harapan peneliti model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat diterapkan menjadi alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]