Show simple item record

dc.contributor.authorSinaga, Rosari Maria
dc.date.accessioned2019-11-06T04:19:35Z
dc.date.available2019-11-06T04:19:35Z
dc.date.issued2019-10-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2922
dc.description.abstract(II) Dra. Friska B. Siahaan, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi peluang kelas XI SMA Negeri 2 Meranti. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P 2018/2019. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas XI IPA-1. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test terhadap motivasi belajar 84,33 dengan standar deviasi 6,68 dan nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan pemecahan masalah 81,25 dengan standar deviasi 4,70. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji t (α=5%). Dari hasil uji t disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi peluang kelas XI SMA Negeri 2 Meranti. Besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar adalah 42,9% dan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 56,4%. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran Problem Based Instruction,en_US
dc.subjectmotivasi belajar danen_US
dc.subjectpemacahan masalahen_US
dc.titleProblem Based Instruction Berparadigma Humanistik Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record