dc.contributor.author | Lumban Gaol, Sulastri F.O | |
dc.date.accessioned | 2019-09-23T06:29:05Z | |
dc.date.available | 2019-09-23T06:29:05Z | |
dc.date.issued | 2019-08-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2745 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 1, VIII-7 sebagai kelas eksperimen 2, dan VIII-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 27.
Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga diperoleh hasil perhitungan uji tukey untuk Kelas CTL berbantu LKPD dengan Kelas CTL berbantu alat peraga diperoleh Qhitung > Qtabel atau ini berarti ada perbedaan yang berarti antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu LKPD dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik, untuk kelas CTL berbantu LKPD dengan Kelas Kontrol diperoleh Qhitung > Qtabel atau ini berarti ada perbedaan yang berarti antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu LKPD dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep Peserta didik, dan untuk kelas CTL berbantu alat peraga dengan Kelas Kontrol diperoleh Qhitung > Qtabel atau ini berarti ada perbedaan yang berarti antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu alat peraga dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep Peserta didik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019, dan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu LKPD lebih baik dari pada Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019 Sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep Peserta Didik | en_US |
dc.subject | Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) | en_US |
dc.subject | ) Berbantu LKPD dan | en_US |
dc.subject | Alat Peraga pada Materi Lingkaran | en_US |
dc.title | Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu LKPD dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Alat Peraga pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019 | en_US |