Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam T.A. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Sampel penelitian ini adalah kelas XI berjumlah 30 orang diperoleh dengan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes uraian untuk kemampuan pemecahan dan untuk kemampuan pemahaman matematis siswa.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, hasil kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis siswa dengan model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah diperoleh y ̂= 35,36 + 0,54X dan y ̂= 4,49 + 0,94X sehingga disimpulkan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif. Pengaruh model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman siswa sebesar 30% dan 94%. Selama pembelajaran, dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]