Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VII-2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk soal post test yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi terhadap siswa.
Berdasarkan nilai kemampuan komunikasi matematika siswa, diperoleh persamaan regresi Y ̂=46,154+0,393X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 1 satuan akan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 0,393 satuan. Hasil perhitungan koefisien determinasi terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 68,268%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]