• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR T.A 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Margaretha Pardede.pdf (338.8Kb)
    Date
    2019-08-03
    Author
    Pardede, Margaretha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran realistic mathematic education efektif terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sipahutar. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 84,285 dan rata-rata post-test untuk kemampuan komunikasi 82,294 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemecahan masalah 81,529. Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan belajar secara individual,terdapat 33 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai 60 untuk kemampuan komunikasi, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal adalah sebesar 94,28%. Dan ketuntasan belajar secara individual,terdapat 32 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai 60 untuk kemampuan pemecahan masalah, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal adalah sebesar 91,42%. Data observasi aktivitas belajar peserta didik adalah sebesar 84,285.Data observasi aktivitas belajar peserta didik mencapai nilai 75-100, data respon peserta didik memiliki rata-rata 3,377 dan alokasi waktu memiliki rata-rata 3,571 dan masuk kategori baik dan hasil pengamatan observasi aktivitas guru dalam menggunakan model realistic mathematic education masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran realistic mathematic education efektif terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dikelas XI SMA Negeri 1 Sipahutar sehingga model RME ini baik untuk digunakan guru dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2727
    Collections
    • Pendidikan Matematika [679]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback