Efektivitas Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPS) yang Dirancang dengan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 390 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII-I yang dipilih secara Random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Dalam penelitian ini indikator efektifitas suatu model pembelajaran ditinjau dari aspek kesesuaian dengan model, penyampaian materi, komunikasi guru dengan siswa yang diperoleh dari observasi kemampuan guru mengajar menggunakan model pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPS), daya serap perorangan dan klasikal diperoleh dari kemampuan siswa dalam menemukan berpikir kritis, alokasi waktu yang diperoleh dari observasi kemampuan guru mengalokasikan waktu normal pembelajaran.
Dari rata-rata hasil observasi tersebut kategori rata-rata kemampuan guru termasuk dalam kategori baik. Sementara hasil tes kemampuan siswa dalam memecahkan masalah diperoleh hasil daya serap perorangan rata-rata ≥ 65, daya serap klasikal diperoleh sebanyak 33 atau ≤ 87% dari 36 orang siswa sudah tuntas dalam belajar, tingkat penguasaan siswa 77,38% yang artinya tingkat penguasaan siswa sudah efektif. Begitu pula dengan hasil observasi waktu diperoleh rata-rata 3,07 yang berarti pembelajaran dalam kategori baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPS) yang Dirancang dengan Bahan Ajar Efektif terhadap Kemampuan berpikir kritis dan kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]