EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT-TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTU SOFTWARE MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Student Teams–Achievement Divisions (STAD) berbantu Software Matematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di SMP Swasta Teladan Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel terdiri dari 30 orang yaitu siswa kelas VII-2 sebagai kelas kooperatif tipe Student-Teams Achievement Division (STAD).
Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual, terdapat 30 siswa yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 92%, dan persentase aktivitas belajar siswa diperoleh 30 siswa dengan kriteria aktivitas
belajar sangat baik, dan ketercapaian alokasi waktu ideal diperoleh 2 sub pokok
bahasan termasuk dalam kategori baik sedangkan 2 sub pokok lainnya dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 3,5. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student-Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student-Teams Achievement Division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]