Show simple item record

dc.contributor.authorSianturi, Hartaty Suryaningsih
dc.date.accessioned2019-09-16T06:25:20Z
dc.date.available2019-09-16T06:25:20Z
dc.date.issued2019-08-13
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2723
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah pendekatan yang lebih baik antara pendekatan Open Ended dan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T. P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen VII-1 dan kelas VIII-2. Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 2,417 > 1,993 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga membuktikan bahwa ada perbedaan pendekatan Open Ended dan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh Fhitung > Ftabel atau 58,62 > 3,15 sehingga terbukti bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik dari kedua sampel. Untuk uji hipotesis yang berikutnya adalah uji tukey diperoleh Qhitung > Qtabel atau 5,91 > 2,88 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga membuktikan bahwa pedekatan Open Ended lebih baik dibandingkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.P 2018/2019 .en_US
dc.subjectPENDEKATAN OPEN ENDEDen_US
dc.subjectPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.subjectPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKAen_US
dc.subjectMATERI BALOKen_US
dc.titlePERBEDAAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA TELADAN MEDAN T.P.2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record