• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS XI SEMESTER GENAP SMAN 8 MEDANT.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Andri Hasiholan Saragi.pdf (305.0Kb)
    Date
    2019-08-18
    Author
    Saragi, Andri Hasiholan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas XI semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif tipe true experimental dengan desain penelitian Pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan adalah 174 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik, dan Tes Hasil Belajar dalam bentuk pilihan berganda. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 87,33 dengan standar deviasi 9,35 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 79,66 dengan standar deviasi 7,06. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 28 diperoleh thitung = 3,59 dan ttabel = 2,002, dengan thitung> ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan persamaan Y = 33,90 + 0,57X, yang memiliki nilai signifikansi (0,00) < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan yang linier antara aktivitas siswa terhadap hasil belajar.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2674
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback