PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS XI SEMESTER GENAP SMAN 8 MEDANT.P 2018/2019
Abstract
Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas XI semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif tipe true experimental dengan desain penelitian Pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan adalah 174 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik, dan Tes Hasil Belajar dalam bentuk pilihan berganda.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 87,33 dengan standar deviasi 9,35 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 79,66 dengan standar deviasi 7,06. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 28 diperoleh thitung = 3,59 dan ttabel = 2,002, dengan thitung> ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan persamaan Y = 33,90 + 0,57X, yang memiliki nilai signifikansi (0,00) < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan yang linier antara aktivitas siswa terhadap hasil belajar.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]