EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT-TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektivitas model pembelajaran kooperatif Student Teams–Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahahn masalah matematika siswa di kelas VII SMP Swasta Parulian 1 Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 1 Medanyang terdiri dari 2 kelas. Sampel terdiri dari 30 orang yaitu siswa kelas VII-1 sebagai kelas kooperatif tipe Student-Teams Achievement Division (STAD).
Hasil analisa data dan perhitungan menunjukkan bahwanilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 85,033dan nilai rata-rata post-test = 81,166untuk kemampuan pemahaman konsep dan post-test = 81,666 untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Berdasarkanhasilanalisis data observasi pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1400 Ltabel=0,161 karena Lhitung< Ltabel maka disimpulkan data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Dari observasi aktivitas belajar siswa diperoleh30 siswa kriteria aktivitas belajar sangat baik. Nilai standart deviasi = 10,882 diperoleh Lhitung = 0,1262dengan Ltabel=0,161 untuk kemampuan pemahaman konsep dan standart deviasi = 11,167 diperoleh Lhitung = 0,0864 dengan Ltabel=0,161 untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswakarena Lhitung< Ltabelmaka data post-testberdistribusi normal. Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasanbelajarsiswasecara individual, terdapat30siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65, sedangkan ketuntasanbelajarsecaraklasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terhadap kemampuan pemecahan masalah adalahsebesar100%, dan persentase aktivitas belajar siswa diperoleh 30 siswa dengan krieria aktivitas belajar sangat baik, dan ketercapaian alokasi waktu ideal diperoleh 2 sub pokok bahasan termasuk dalam kategori baik sedangkan 2 sub pokok lainnya dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,5. Berdasarkan penelitian tersebutdapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran Student-Teams Achievement Division (STAD)efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]