Show simple item record

dc.contributor.authorSiregar
dc.date.accessioned2018-03-10T02:30:37Z
dc.date.available2018-03-10T02:30:37Z
dc.date.issued2016-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/254
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan tipe Jigsaw pada pokok bahasan Aljabar di Kelas VIII SMP Swasta TD.Pardede Foundation T.P. 2016/2017 dengan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta TD.Pardede yakni 129 orang, dan sampel dalam penelitian ini dua kelas yakni kelas VIIIB(kelompok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT)sebanyak 32 siswa dan kelas VIIIC (kelompok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw) sebanyak 32 siswa.Dengan menggunakan rumus Product Momen diperoleh hasil perhitungan koefisien validitas terendah -0,198 dan koefisien validitas tertinggi 0,756, sehingga dari 8 butir tes hanya ada 6 butir tes yang valid dan dipilih menjadi soal post-tes. Dengan menggunakan rumus alpha diperoleh hasil perhitungan koefisien reliabilitas tes sebesar 0,876 dan jika dibandingkan r tabel untuk taraf signifikan 0,05 dan n = 32 maka diperoleh rtabel = 0,3882 ternyata rhitung< rtabel maka instrumen tersebut adalah reliabel, dengan menggunakan tabel r diperoleh DPhitung terendah adalah 2,29dan DPhitung tertinggi adalah 13,69. Jika dibandingkan dengan harga rtabel untuk taraf signifikan α = 0,05 dengan n1 = 8 dan n2 = 8, maka rtabel = 0,3882, dan dari 8 butir tes semua butir tes daya pembeda signifikan.Dengan menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data skor hasil belajar matematika siswa diperoleh Lhitung = 0,1150 dibandingkan Ltabel = 0,1566 untuk n = 32 dan taraf signifikan 0,05 ternyata Lhitung< Ltabel, maka data tersebut berdistribusi normal. Oleh karena data berdistribusi normal, maka dilakukan uji kelinearan regresi.Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh hasil uji kelinearan regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,25 dan jika n = 32 yakni F(1-0,005)(10,16) = 1,775 ternyata Fhitung< Ftabel, H0 diterima, berarti model regresi linear. Oleh karena itu pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan uji keberartian regresi dan diperoleh thitung = 2,8051 sedangkan ttabel dengan dk = n – 2 = 30 dan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6977 Maka diperoleh thitung> ttabel atau 2,8051>1,6977dengan demikian hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang berarti/signifikan.Hasil analisis data menggambarkan rata-rata skor untuk model tipe NHT adalah 72,5625 dan rata-rata skor untuk tipe Jigsaw adalah 68,53125. Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model tipe NHT lebih baik dari model tipe Jigsaw pada materi Aljabar di kelas VIII SMP Swasta TD.Pardede Foundation T.P.2016/2017.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTipe NumberedHeads Together (NHT)en_US
dc.subjectTipe Jigsaw Pada Materi Aljabaren_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NumberedHeads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Pada Materi Aljabar diKelas VIII SMP Swasta TD Pardede Foundation T.P. 2016/2017.en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record