PENGARUH KEGIATAN PEMASARAN di MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK dan CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA APLIKASI TRAVELOKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan pemasaran di media sosial terhadap loyalitas merek dan citra merek sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna aktif media sosial yang penah melihat kegiatan pemasaran Traveloka di media sosial dan menggunakan jasa aplikasi Traveloka. Dalam penelitian ini, data dikumpul dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui berbagai media sosial dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur dengan program SPSS. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2), kegiatan pemasaran di media sosial mempengaruhi citra merek sebesar 74,6% dan citra merek mempengaruhi loyalitas merek sebesar 75,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sebagai hasil ahkir, diketahui bahwa kegiatan pemasaran di media sosial berpengaruh positif terhadap citra merek dan citra merek juga berpengaruh positif terhadap loyalitas merek.
Collections
- Manajemen [1151]