Pengaruh Model Snowball Throwing dengan Alur Teori Belajar Jerome Bruner Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi MatematisSiswa Pada Pokok Bahasan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelSnowball Throwing dengan alur teori belajar Jerome Bruner terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T. A 2015/2016.
Dimana yang menjadisampel terdiri dari 40 orang yaitu siswa kelas VIII-5. Berdasarkan hasil penelitian persamaan regresi untuk Y1 diperolehŶ1 = 24,766 + 0,7112X, dan persamaan regresi untuk Y2 diperolehŶ2 = 31,944 + 0,6206X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung<Ftabel dimana untukX terhadap Y1diperoleh 0,7375< 2,15, dan padaX terhadap Y2diperoleh2,13< 2,15 maka Ho diterima sehingga terdapat hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung≥Ftabel maka diperoleh pada X terhadap Y1 diperoleh24,412≥ 4,10 dan pada X terhadap Y2diperoleh 28,646 ≥ 4,10maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti.Hasil perhitungan koefisisen determinasi padaX terhadap Y1 diperoleh r^2= 39,11% dan pada X terhadap Y2diperoleh r^2= 42,98%. Dari hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa ada pengaruh model Snowball Throwing dengan alur teori belajar Jerome Bruner terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]