dc.description.abstract | Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Peneliti melaksanakan dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya. Pelaksanaannya dilakukan 2 putaran mengandung satu jenis metode yang semakin dipertajam dengan materi pecahan di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes ini terdiri dari tes awal, tes putaran I, dan tes putaran II.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan aktivitas dan prestasi belajar setelah diajarkan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan skor tes awal didapat: BB (batas bawah) = 10, (Kuartil 1) = 25, Median = (Kuartil 2) = 40, (Kuartil 3) = 60, BA (batas atas) = 75. Putaran I didapat: BB (batas bawah) = 40, (Kuartil 1) = 55, Median = (Kuartil 2) = 60, (Kuartil 3) = 65, BA (batas atas) = 90, dan putaran II didapat: BB (batas bawah) = 55, (Kuartil 1) = 70, Median = (Kuartil 2) = 75, (Kuartil 3) = 80, BA (batas atas) = 95.
Aktivitas belajar matematika siswa di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal pada materi pecahan dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari hasil observasi yang diperoleh dari tiap putaran. Hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 75,93% pada putaran I menjadi 82,82% pada putaran II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi pecahan di kelas VII-8 SMP Negeri 2 Sunggal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi hasil belajar matematika siswa, sehingga diharapkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dalam proses belajar mengajar. | en_US |