Pengaruh Pendekatan contextual teaching and learning terhadap Penguasaan Konsep Akuntansi Materi Mencatat Transaksi kedalam Jurnal umum T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan contextual teaching and learning terhadap Penguasaan Konsep Akuntansi Materi Mencatat Transaksi kedalam Jurnal umum . Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Ekperimen dengan pendekatan contextual teaching and learning .Dari analisis data peneliti untuk kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning diperoleh nilai rata-rata post-test 73,97 dan standar deviasi 17,85 dengan L_hitung<L_tabel = 0,1172< 0,161. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test 63,17 dan standar deviasi 17,689 dengan dengan L_hitung<L_tabel = 0,1478< 0,161 dan F_hitung<F_tabel = 1,018 < 1,86. Artinya kedua sampel penelitian berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak pada α = 0,05 dan dk = 28 diperoleh t_hitung>t_tabel atau 3,303 > 1,6729. Maka dalam hal ini H_o ditolak dan H_(a ) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Pendekatan contextual teaching and learning terhadap Penguasaan Konsep Akuntansi.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]