dc.description.abstract | No
Standart Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian No Soal Ranah Kognitif Tingkat Kesukaran
Tujuan Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Kemampuan Komunikasi C1 C2 C3 C4 C5 Mudah Sedang Sulit
1. 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel 3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
1. Peserta didik dapat mengenal dan membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan menyelesaikan dengan metode subsitusi, metode eliminasi, metode gabungan eliminasi-subsitusi.
1,2,3 1,2,3 1
2
3
4
5
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
C1 = Pengetahuan C2 =Pemahaman C3 = Penerapan C4= Analisis C5= Sintesis
Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah yang ingin dicapai :
Kemampuan yang tergolong pada pemecahan masalah matematika adalah:
1. memahami masalah, meliputi kemampuan: (a) mengidentifikasi kecukupan data untuk memecahkan masalah; dan
(b) membuat model matematik dari suatu situasi atau masalah sehari-hari.
2. menyelesaikan masalah, meliputi kemampuan: (a) memilih dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan model atau masalah matematika dan atau di luar matematika; dan (b) menerapkan matematika secara bermakna.
3. menjawab masalah, meliputi kemampuan: (a) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil sesuai permasalahan asal dan (b) memeriksa kebenaran hasil atau jawaban.
Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis yang ingin dicapai :
1. Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tertulis, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual.
2. Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya.
3. Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. | en_US |