PENGARUH FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT HURUF VOCAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SLB YPAC MEDAN
Abstract
Anak Tunagrahita ringan mengalami hambatan kognitif, khususnya dalam membaca. Mengingat huruf vocal merupakan langkah awal dalam membaca. Mengingat huruf vocal dalam membantu anak tunagrahita dalam mengoptimalkan kemampuan membacanya. Flash Card merupakan metode pembelajaran visual yang dapat membantu dalam mengingat huruf vocal. Tipe penelitian ini adalah penelitian penelitian eksperimen dengan Design One Group Pretest-Postest, dengan 8 kali pemberian perlakuan kepada setiap subjek. Subjek penelitian kriteria duduk dibangku Sekolah Dasar YPAC Medan, mampu berkomunikasi verbal secara dua arah dan belum mampu membaca. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan behavioral checklist dengan indikator mengingat yaitu mengenal kembali dan memanggil kembali dan observasi. Uji hipotesa menggunakan Wilcoson Match Pair Test dan hasilnya adalah p (0.102)>0.05 yang berarti Ho diterima, dengan kesimpulan ‘ Tidak ada pengaruh Flash Card terhadap Kemampuan mengingat Huruf Vocal Anak Tunagrahita Ringan Sekolah Luar Biasa Medan’.
Collections
- Psychology [20]