Show simple item record

dc.contributor.authorPardede, Monita Ferawati
dc.date.accessioned2018-03-07T09:31:44Z
dc.date.available2018-03-07T09:31:44Z
dc.date.issued2015-03-25
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/181
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siwa pada materi Segitiga Di Kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemecahan masalah matematika siswa diperoleh LHitung = 0,117 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji signifikasi regresi genius learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh FHitung = 38,57 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Genius Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga SMP Dharma Bakti Padang Bulan. Kontribusi strategi pembelajaran Genius Learning terhadapa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga sebesar 57,93% dijelaskan melalui hubungan .en_US
dc.subjectAccelerated Learningen_US
dc.subjectpemahaman konsep matematika siswaen_US
dc.title. Pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga dikelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bilan. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record