PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DIKELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabeldi Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Dengan objek penelitian Metode Pembelajaran penemuan Terbimbing.
Hasil yang didapatkan dari uji coba yang dilakukan dalam penelitian yaitu pemberian pre-Test didapatkan 38.29% siswa berkategori sangat rendah dalam pemecahan masalah matematika. Hal itu peneliti melakukan tindakan pada siklus I dan didapatkan 13 dari 30 orang siswa (43.33%) berkategori baik, dan 17 dari 30 orang siswa (56.66%) berkategori sangat rendah. Melihat hal itu peneliti melakukan tindakan siklus II dengan pemberian post-test II dan didapatkan 25 dari 30 orang siswa (83.33%) berkategori sangat baik dan 5 dari 30 orang siswa (16.66%) berkategori sangat rendah. Sesuai indikator pencapaian ketuntasan bahwa ≥ 70% siswa mencapai ketuntasan maka penelitian berhenti dilakukan.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningtakan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]