Show simple item record

dc.contributor.authorSamosir, Novialight
dc.date.accessioned2018-11-29T02:32:50Z
dc.date.available2018-11-29T02:32:50Z
dc.date.issued2018-09-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1762
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type jigsaw berbantuan LKS pada materi Operasi Bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 1 silima Pungga-Pungga T.P 2018/2019 dapat meningkatkan pemecahan masalah peserta didik? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Silima Pungga-Pungga. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemecahan masalah apabila: nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 65. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 75% dari seluruh siswa telah memperoleh nilai ≥ 65 untuk kemampuan pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data pada siklus I persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 68.75% dan persentase tidak tuntas 31,25% dari 32 siswa yang tuntas adalah 22 orang dan yang tidak tuntas adalah 10 orang. Pada siklus II persentase kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 87.5%dan persentase tidak tuntas 12.5% dari 32 siswa yang tuntas adalah 28 orang dan yang tidak tuntas adalah 4 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa siklus I yaitu 64.875 dan siklus II yaitu 85.781. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada siklus II, selama pembelajaran di kelas dilakukan observasi terhadap siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori aktif, dan terhadap guru diperoleh nilai akhir sangat baik. sehinggga dapat disimpulkan bahwa Pemecahan masalah peserta didik dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type jigsaw berbantuan LKS pada materi operasi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Silima Pungga-Pungga T.P 2018/2019”.en_US
dc.subjectMeningkatkan Pemecahanen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif type jigsawen_US
dc.subjectmateri Operasi Bentuk aljabaren_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Berbantuan LKS Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Silima Pungga-Pungga T.P 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record