Show simple item record

dc.contributor.authorSitio, Bimo Chantio
dc.date.accessioned2018-11-22T04:55:48Z
dc.date.available2018-11-22T04:55:48Z
dc.date.issued2018-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1707
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P.2018/2019 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran genius learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C Negeri 2 Dolok Pardamean. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa apabila: nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 65. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 85% dari seluruh siswa telah memperoleh nilai ≥ 65 untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data pada siklus I persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 58,06% dan persentase tidak tuntas 41,94% dari 31 siswa. Siswa yang tuntas adalah 18 orang dan yang tidak tuntas adalah 13 orang. Pada siklus II persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 87,09% dan persentase tidak tuntas 12,91% dari 31 siswa. siswa yang tuntas adalah 27 orang dan yang tidak tuntas adalah 4 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa siklus I yaitu 67,02 dan siklus II yaitu 73,32. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus II, selama pembelajaran di kelas dilakukan observasi terhadap siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori aktif, dan terhadap guru diperoleh nilai akhir sangat baik. sehinggga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran genius learning dengan bantuan media powerpoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P.2018/2019.en_US
dc.subjectmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematikaen_US
dc.subjectpada materi Kubus dan Baloken_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Genius Learning dengan Bantuan Media Powerpoint pada Pokok Bahasan di SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record