• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika Peserta Didik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Silvanus Ade Saputra Harianja.pdf (709.1Kb)
    Date
    2018-09-09
    Author
    Harianja, Silvanus Ade Saputra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII A) yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah post-test dan lembar observasi peserta didik. Dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi . Dari uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau -2,739 < 2,59 dan uji keberartian regresi diperoleh 48,985 > 4,16. Berdasarkan uji kelinearan dan keberartian regresi disimpulkan bahwa ada pengaruh yang berarti antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Dari keberartian koefisien diperoleh thitung > ttabel atau 6,389 > 2,04 maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka ada hubungan yang berarti antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,754 artinya terdapat hubungan yang kuat antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r2= 0,5294 atau 52,94% yang artinya kreativitas matematika peserta didik dipengaruhi oleh indikator strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik sebesar 52,94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi heuristik dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematika peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV di kelas VIII SMP.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1704
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback