Pengaruh Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika Peserta Didik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dolok Pardamean. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII A) yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah post-test dan lembar observasi peserta didik.
Dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi . Dari uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau -2,739 < 2,59 dan uji keberartian regresi diperoleh 48,985 > 4,16. Berdasarkan uji kelinearan dan keberartian regresi disimpulkan bahwa ada pengaruh yang berarti antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Dari keberartian koefisien diperoleh thitung > ttabel atau 6,389 > 2,04 maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka ada hubungan yang berarti antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,754 artinya terdapat hubungan yang kuat antara strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r2= 0,5294 atau 52,94% yang artinya kreativitas matematika peserta didik dipengaruhi oleh indikator strategi heuristik terhadap kemampuan kreativitas matematika peserta didik sebesar 52,94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi heuristik dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematika peserta didik khususnya dalam pembelajaran SPLDV di kelas VIII SMP.
Collections
- Pendidikan Matematika [553]