PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audio visual oleh guru terhadap motivasi belajar matematika peserta didik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di kelas VIII SMP T.P.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.P. 2018/2019. Dengan teknik Simpel Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-6). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta data angket. Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh F_hitung ≥ F_tabel untuk motivasi belajar didapat 56,08 > 4,20 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh yang berarti antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar matematika peserta didik. Sedangkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar peserta didik yaitu: Y ̂=65,89 +0,00118 X Hasil perhitungan koefisien korelasi untuk motivasi belajar diperoleh rhitung > rtabel atau > 0.361 artinya ada hubungan yang berarti antara media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi untuk motivasi belajar didapat r2 = yang artinya motivasi belajar matematika dipengaruhi oleh indikator media pembelajaran audio visual sebesar 30,28% dan sisanya 69,72% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual oleh guru terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.P. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]