Show simple item record

dc.contributor.authorSianturi, Cari Ada
dc.date.accessioned2018-11-21T06:36:05Z
dc.date.available2018-11-21T06:36:05Z
dc.date.issued2018-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1687
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=1,862+0,993X , dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=-1,343+0,987X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh -1,069 < 2,41, dan pada X terhadap Y2 diperoleh -0,427 < 2,41maka Ha diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung > Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh 28 > 4,20, dan pada X terhadap Y2 diperoleh 28 > 4,20, maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Hasil perhitungan koefisien determinasi pada X terhadap Y1 diperoleh r2 = 77,28% dan pada X terhadap Y2 diperoleh r2 = 52,30%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.en_US
dc.subjectpembelajaran problem based learningen_US
dc.subjectPemahaman Konsepen_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record