Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Sipahutar, Yenni
dc.date.accessioned2018-11-21T06:12:19Z
dc.date.available2018-11-21T06:12:19Z
dc.date.issued2018-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1684
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-9). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi Fhitung> Ftabel (kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik) diperoleh 49,673 > 4,20 , Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Sedangkan uji keberatian regresi Fhitung > Ftabel (kemampuan kreativitas matematika peserta didik) diperoleh 5,594 > 4,20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan kreativitas peserta didik. Dari uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,779. Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan pemecahan masalah) diperoleh thitung = 11,692 dan ttabel = 2,048 karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima. Sedangkan uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,408.Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan kreativitas) diperoleh thitung = 2,364 dan ttabel = 2,048 karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima. Maka ada hubungan yang kuat/tinggi pada pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika. Dari hasil diatasn dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikn dengan menggunakan model pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan maslah dan kreativitas matematika siswa.en_US
dc.subjectEfektivitas Pendekatan Matematika Realistiken_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalahen_US
dc.subjectKreativitas Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record