Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share(TPS) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) efektif Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Mipa SMA Negeri 5Medan T.A 2018/2019. Dengan teknik simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen(XMipa-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan Guru mengajar dan waktu. Daya serap materi pelajaran secara perseorangan terhadap pemahaman konsep dari 32 peserta didik terdapat 29 orang peserta didik tuntas dan 3 orang tidak tuntas dan terhadap kreativitas matematika peserta didik terdapat 28 orang peserta didik yang tuntas dan 4 orang tidak tuntas. Daya serap secara klasikal terhadap pemahaman konsep 90,62% dari 32 peserta didik dan terhadap kreativitas matematika peserta didik 87,5% dari 32 peserta didik. Karena ≥85% dari jumlah peserta didik sebagai syarat ketuntasan klasikal maka, kelas X Mipa I tuntas secara klasikal. Dari ketuntasan secara perseorangan dan klasikal tersebut maka disimpulkan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Pair Share di kelas X Mipa I SMA Negeri 5 Medan efektif digunakan.Dari analisis tingkat kemampuan guru data observasi terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil dari semua observasi rata – rata 4,2 yang berarti dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sudah efektif.Data pengamatan terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil rata - rata penilaian oleh tiga obsevator. Pada pertemuan 1, 2 dan 3 Alokasi waktu normal dengan waktu ketercapaian memiliki skor rata – rata 2, 99 (kategori kurang baik) sehingga disimpulkan waktu yang digunakan peneliti tidak efektifartinya Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS)tidakefektif Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Peserta Didik
Collections
- Pendidikan Matematika [641]