dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 PercutSei Tuan. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahanmasalahdan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemecahanmasalahapabila: nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 65. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 85% dari seluruh siswa telah memperoleh nilai ≥ 65 untuk kemampuanpemecahanmasalah, maka hipotesis tindakan diterima.
Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data pada siklus I bahwapersentase ketuntasan kemampuan pemecahanmasalahmatematika peserta didik sebesar 70,58% dan persentase tidak tuntas 29,42% dari 34 siswa yang tuntas adalah 24 orang dan yang tidak tuntas adalah 10 orang. Pada siklus II persentase kemampuan pemecahanmasalahmatematika peserta didik sebesar 88,23%dan persentase tidak tuntas 11,76% dari 34 siswa yang tuntas adalah 30 orang dan yang tidak tuntas adalah 4 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa siklus I yaitu 72,26dan siklus II yaitu88,23%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahanmasalahmatematika peserta didik pada siklus II, selama pembelajaran di kelas dilakukan observasi terhadap siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori aktif, dan terhadap guru diperoleh nilai akhir sangat baik. Sehinggga dapat disimpulkan bahwapemecahan masalah peserta didikdapatmeningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.T.P 2018/2019. | en_US |