dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-4). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh 33,021 4,30 , Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat keberartian yang berarti antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 26,941 + 0,794 X dan keberartian koefisien korelasi pada kemampuan pemecahan masalah diperoleh t_hitung= 6,107 dan 〖 t〗_tabel = 2,07. Karena dilihat dari thitung ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti pada pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,793 artinya terdapat hubungan yang kuat/tinggi antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r^(2 ) = 0,6298 atau 62,98% yang artinya pemecahan masalah peserta didik dipengaruhi oleh indikator pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 62,98% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain sebesar 37,02%. | en_US |