Show simple item record

dc.contributor.authorManik, Aderiani
dc.date.accessioned2018-11-21T03:58:56Z
dc.date.available2018-11-21T03:58:56Z
dc.date.issued2018-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1671
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP N 22 Medan T. P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian equasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 22 Medan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap guru dan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 79,817 dengan standar deviasi 14,391. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Oleh karena data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung< Ftabel atau 1,055<2,25 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pendekatan RME linier, maka dianjutkan ke uji hipotesis yaitu uji keberartian regresi dan diperoleh Fhitung = 540,522 dengan nilai Ftabel = 4,13 dengan demikian Fhitung > Ftabel atau 540,522 > 4,13 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh persamaan regresi, Y= -20,592 + 1,271X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME sebesar 1 satuan akan meningkatkan komunikasi matematis peserta didik sebesar 1,271 satuan. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 94,08% artinya bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan RME sebesar 94,08% dan sisanya 5,92% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P 2018/2019. Sehingga diharapkan pendekatan RME dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.en_US
dc.subjectpengaruh pendekatan realistic mathematics educationen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectmateri operasi aljabaren_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record