Show simple item record

dc.contributor.authorSinaga, Dornauli
dc.date.accessioned2018-11-21T02:47:26Z
dc.date.available2018-11-21T02:47:26Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1663
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 10 kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik yang diperoleh dengan teknik random sampling pada peserta didik kelas VII. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi segitiga. Tes yang diberikan terdiri dari 5 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memiliki pengaruh yang positif. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik diperoleh persamaan regresi, Y= 26,842 + 0,752X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 0,752 satuan.Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 88 % artinya bahwa pengembangan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebesar 88% sedangkan sisanya 12 % dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.en_US
dc.subjectModel pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD),en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep,en_US
dc.subjectSegitiga.en_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada pokok bahasan Segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record