Show simple item record

dc.contributor.authorYuliani, Debora Elisabet
dc.date.accessioned2018-11-21T02:41:16Z
dc.date.available2018-11-21T02:41:16Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1662
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-C)dankelaskontrol (VII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan validasiolehtiga validator serta angket siswa. Berdasarkan hasil penelitianmodel contextual teaching and learningterhadap pemahaman konsep matematika diperoleh persamaan regresinya (Y_1 ) ̂ = 2,693+ 0,944X, dan hasil penelitian model contextual teaching and learningterhadap kemampuan penalaranmatematis diperoleh persamaan regresinya (Y_2 ) ̂ = -12,354+ 1,114X. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan data berdistribusi normal. Hasil perhitungan koefisien determinasi untuk X terhadap Y1diperoleh r2 = 63,2% dan pada X terhadap Y2diperoleh r2 = 65,1%. Kemudianhasilujihipotesis terhadap kemampuan pemahamankonsep diperoleh1,947 > 1, 66984.Maka H0ditolakdan Haditerima danuntuk kemampuan penalaran matematis2,01> 1, 66984.Maka H0ditolakdan Haditerima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelcontextual teaching and learning (ctl) terhadap kemampuan pemahamankonsep danpenalaranmatematissiswapadamaterisegitiga di kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018 serta kemampuan pemahaman konsepdan kemampuan penalaran matematis yang diajarkandengan model contextual teaching and learninglebihbaikdaripadatanpamodel contextual teaching and learning padamateri segitiga di kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaranmatematis siswa.en_US
dc.subjectPengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL)en_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsepen_US
dc.subjectpenalaran matematisen_US
dc.titlePengaruhModelContextual Teaching And Learning (CTL) terhadapKemampuanPemahamanKonsepdanPenalaranMatematisSiswa PadaMateriSegitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record