Show simple item record

dc.contributor.authorMarbun, Rolin Marulitua
dc.date.accessioned2018-11-21T02:20:52Z
dc.date.available2018-11-21T02:20:52Z
dc.date.issued2018-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1660
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP HKBP Sidikalang T. P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh Peserta didik kelas VIII SMP HKBP Sidikalang T. P. 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen(VIII-1). Instrumen yang digunakana adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses Peserta didik. Dari uji keberartian regresi (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh 96,273>4,17dan untuk (pemecahan masalah peserta didik) diperoleh 86,145>4,17 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kamampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh thitung = 9,801 dan (kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik) thitung = 8,944 dan ttabel= 2,042. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) cocok digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didiken_US
dc.subjectSTRATEGI THINK-TALK-WRITEen_US
dc.subjectPEMECAHAN MASALAHen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 37MEDAN T.A 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record