• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan PemecahanMasalah Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2Sipahutar T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Romince A. Damanik.pdf (265.5Kb)
    Date
    2018-09-23
    Author
    Damanik, Romince Agustini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkankemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi SistemPersamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar T.P.2018/2019 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Sipahutar. Adapun Instrumen Pengumpul Data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemecahan masalah apabila : nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥65. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indicator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluru siswa telah memperoleh nilai ≥65 untuk kemampuan pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut diperoleh ketuntasan belajar klasikalpada kemampuan pemecahan masalah pada tes awal 44.89% setelah diberi tindakan meningkat menjadi 68.75% di siklus I dan menjadi 90.63% di siklus II. Ketuntasan belajar individual meningkat untuk kemampuan pemecahan masalah dimana tes awal hanya 4 orang memperoleh nilai ≥65, pada post test I meningkat menjadi 22 orang, pada post tes II meningkat menjadi 30 orang. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada tes awal adalah 44.89 meningkat menjadi 63.022 di siklus I dan 76.362 di siklus II. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) T.P.2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1637
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback