dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi heuistik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi balok kelas VIII SMP Masehi Sibiru-biru T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Masehi Sibiru-biru T.P. 2017/2018. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang telah divalidkan oleh validator ahli.
Hasil analisa data dan perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 82,16667 dan nilai rata-rata post-test (Y_1 ) ̅ = 83,7667 untuk kemampuan pemahaman konsep dan post-test (Y_2 ) ̅ = 89,5 untuk kemampuan pemecahan peserta didik. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan peserta didik secara individual, teedapat 30 peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 65, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 100% dan persentase aktivitas belajar siswa diperoleh 7 peserta didik dengan kriteria baik dan 23 peserta didik dengan kriteria sangat baik, dan respon peserta didik dalam kategori baik dengan rata-rata skor 3,042857143, dan alokasi waktu dalam kategori baik dengan rata-rata skor 4,004761905. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Heuristik efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan peserta didik. | en_US |