Show simple item record

dc.contributor.authorNainggolan, Jelita
dc.date.accessioned2018-11-15T06:23:40Z
dc.date.available2018-11-15T06:23:40Z
dc.date.issued2018-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1630
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikandenganmenggunakanpendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP. Dengan teknik Simple Random Sampling, dan sampel penelitian atau kelas eksperimennya adalah kelas VIII-B. Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi (Y_ ) ̂ = 22,027 + 0,734X. Untuk uji kelinieran regresi post test diperoleh Fhitung= 0,325 maka atau 0,325<2,56maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 424,779 maka atau 424,779 > 4,14maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P 2017/2018. Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik.en_US
dc.subjectPendekatan Pembelajaran Kontekstualen_US
dc.subjectPeserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabelen_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P. 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record