Show simple item record

dc.contributor.authorManalu, Durima Indah Sari
dc.date.accessioned2018-11-15T05:48:53Z
dc.date.available2018-11-15T05:48:53Z
dc.date.issued2018-10-05
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1627
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018 dan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemahaman konsep apabila: nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 70. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluruh siswa telah memperoleh nilai ≥ 70 untuk kemampuan pemahaman konsep, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data pada siklus I persentase ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 62,162% dan persentase tidak tuntas 37,838% dari 37 siswa yang tuntas adalah 23 orang dan yang tidak tuntas adalah 14 orang. Pada siklus II persentase kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 86,486%dan persentase tidak tuntas 13,514% dari 37 siswa yang tuntas adalah 32 orang dan yang tidak tuntas adalah 5 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa siklus I yaitu 63.649 dan siklus II yaitu 80.784. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada siklus II, selama pembelajaran di kelas dilakukan observasi terhadap siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori aktif, dan terhadap guru diperoleh nilai akhir sangat baik. sehinggga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) T.P.2017/2018.en_US
dc.subjectPenerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solvingen_US
dc.subjectmeningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematikaen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk MeningkatkanKemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record