dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) kelas VIII-1 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan pada materi operasi hitung aljabar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan yang berjumlah 26 orang dan objek penelitian ini adalah seluruh proses dan hasil belajar. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi operasi hitung aljabar. Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal bentuk uraian.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar peserta didik diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah yang tuntas sebanyak 10 peserta didik dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara individual rendah mencapai 54,3% dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara klasikal sangat rendah mencapai 34%, sedangkan pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas 12 peserta didik dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara individual mencapai 63,6% dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara klasikal mencapai 46%, dan pada siklus II sebanyak 21 peserta didik dengan tingkat keberhasilan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara individual mencapai 74,2% dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara klasikal mencapai 80%.
Dari hasil analisis pre-test, post-test siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-1 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan pada materi operasi hitung aljabar T.P. 2018/2019. Sehingga diharapkan model pembelajaran CTL dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. | en_US |